Random Post

Cerita Pembelajaran Matematika

Bermain Pasar-Pasaran

Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menghadapi Soal Cerita tentang Perkalian dan Pembagian

Perkalian dan pembagian merupakan materi yang saling berpasangan. Materi tersebut termasuk materi esensial yang cukup lama proses penanamannya. Bahkan, kalau sudah disajikan dalam soal cerita, seringkali para siswa mengalami kesulitan.
Bagaimana guru dapat membelajarkan siswanya dengan tampilan yang berbeda dan menarik. Bu Kresniwiyati, Guru SD Negeri Gombong 5 Kabupaten Kebumen memberikan tips sebagai berikut:

1. Siapkan sudut pasar di dalam kelas (dus susu, korek api, sabun, dll) dengan jumlah tiap benda minimal 12 bungkus. Beri label harga untuk tiap benda.
2. Minta anak mengambil 2 benda yang berbeda dengan jumlah lebih dari 1. Misal: sabun mandi 5 bungkus @ Rp 1.800, pasta gigi 2 bungkus @ Rp 4.200
Secara berkelompok siswa menghitung harga barang yang terambil.
5 x Rp 1.800 = Rp 9.000
2 x Rp 4.200 = Rp 8.400

Untuk pembagiannya, kegiatan anak selanjutnya menumpuk sabun 5 bungkus tadi dan memberi harga Rp 9.000 kemudian menghitung harga satuannya.

Lanjutkan dengan kegiatan yang sama untuk benda yang berbeda.

Satu hal yang menarik dalam kegiatan yang dilakukan oleh Bu Kresni ini adalah bahwa beliau tidak hanya meminta anak menjadi reseptor (penerima pasif) dari soal cerita. Beliau justru menghendaki siswanya menjadi kreator (pencipta aktif) soal cerita. Beliau meminta siswa membuat soal cerita yang sesuai dengan pengalaman yang dialaminya. Mereka diminta untuk membuat soal sesulit mungkin dan berharap agar teman yang diberi soalnya tidak bisa menjawabnya dengan mudah. Namun demikian, setiap siswa harus membuat kunci jawab dari soal yang dijawabnya.

Bu Kresni selanjutnya meminta para siswa mendiskusikan jawabannya dengan kunci yang dibuat temannya. Jika ada perselisihan tentang jawaban dan prosesnya, mereka bisa mempertanyakannya kepada bu Kresni.

Ini menarik, karena pada dasarnya Bu Kresni telah menerapkan strategi pembelajaran yang dalam teori pembelajaran termasuk strategi pembelajaran mutakhir, yakni Problem Posing, dan Send A Problem.
Share on Google Plus

About Jads_ok

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

BLOG YANG SAYA IKUTI