Random Post

Pengertian Belajar

Hallo sahabat semua mari kita mulai belajar kembali.
Pada kesempatan ini saya akan mengulas tentang pengertian Belajar.
Apakah yang dimaksud dengan kata belajar itu???
Hampir semua ahli telah mencoba merumuskan dan membuat tafsiran tentang "BELAJAR". sering kali pula perumusan dan tafsiran itu berbeda satu sama lainnnya.
Dalam uraian ini kita akan berkenalan dengan beberapa perumusan saja, guna mengulas dan melengkapi pandangan kita tentang arti belajar.
1.       Belajar adalah modifikasi atau memperteguh kekuatan melalui pengalaman (learning is defined as the modification or strengthening of behavior through expriencing).
Menurut pengertian ini, belajar merupakan suatu proses, suatu kegiatan dan bukan suatu hasil atau tujuan. Belajar bukan hanya mengingat, akan tetapi lebih luas dari itu, yakni mengalami. Hasil belajar bukan suatu penguasaan hasil latihan melainkan penggubahan tingkah laku.
Pengertian berbeda dengan pengertian yang lama bahwa belajar adalah proses latihan-latihan pembentukan secara otomatis dan seterusnya.

2.      Sejalan dengan pengertian yang tertuang diatas ada juga yang menyatakan bahwa belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku suatu individu yang merupakan interaksi individu tersebut dengan lingkungannya.
Dibandingkan dengan pengertian yang pertama maka jelas tujuan dari belajar adalah sama yaitu perubahan tingkah laku tetapi yang berbeda hanya bagaimana proses atau usaha pencapainnya.
Pengertian ini menitik beratkan pada interaksi indicidu kepada lingkungannya. Di dalam interaksi inilah suatu individu mengalami pengalaman-pengalaman belajar.
William Button mengemukakan bahwa “A good learning situation consist of a rich and varied series of learning experiences unfied araound a vigorous purpose and carried on in teraction with a rich, varied and propocative environmen.”
Dari pengertian-pengertian tersebut dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut
  1. Situasi belajar harus bertujuan dan tujuan-tujuan itu diterima baik oleh masyarakat.
  2. Tujuan dan maksud belajar timbul dari kehidupan anak sendiri.
  3.  Didalam mencapai tujuan tersebut si murid akan mengalami hambatan rintangan dan situsi-situasi yang tidak menyenangkan.
  4.  Hasil belajar yang utama adalah tingkah laku yang bulat.
  5. Proses belajar terutama pada pola tingkah laku yang sebenarnya
  6. Kegiatan-kegiatan dan hasil-hasil belajar dipersatukan dan dihubungkan degan tujuan dalam situasi belajar.
  7. Murid memberikan reaksi secara keseluruhan
  8. Murid diarahkan dan dibantu oleh orang-orang yang berada di lingkungannya.
  9. Murid mereaksi sesuatu yang terjadi pada lingkungan sekitarnya.
  10. Murid diarahkan pada tujuan tujuan lain baik yang berhubungan dengan tujuan utama dalam situasi belajar.
Nah demikian tadi sahabat seucuil dari pengertian belajar.
Saya yakin sahabat semua memiliki referensi lain tentang devinisi belaja. saya berharap sahabat mau untuk berbagi tentang belajar 

Wah sudah ngantuk nih . . . postingnya dikit-dikit aja ya yang penting bisa istiqomah hehehehe . . .
Share on Google Plus

About Jads_ok

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

BLOG YANG SAYA IKUTI